5 Manfaat Makan Pisang untuk Pertumbuhan Anak

5 Manfaat Makan Pisang untuk Pertumbuhan Anak

Dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, Anda pasti akan memberikan makanan nutrisi tinggi untuknya. Namun, pernahkah Anda memperhatikan perkembangan si kecil yang kurang optimal? Ada berbagai faktor yang menyebabkan anak mengalami masalah nafsu makan, berat badan menurun, mudah lelah, dan sebagainya. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi utama si kecil dalam menu harian, ya!

Manfaat makan buah pisang bagi kesehatan

Jika anak susah makan atau mengeluh mudah lelah, Anda bisa memberikan pisang sebagai penambah energi. Kandungan vitamin B6, mangan, vitamin A, vitamin C, serat, kalium, zat besi, dan nutrisi lain bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan anak. Ada setidaknya 5 manfaat mengkonsumsi buah pisang bagi kesehatan si kecil yang wajib Anda ketahui yaitu :

1.  Memberikan energi

Setelah melakukan aktivitas fisik atau olahraga, maklum si kecil mengeluh lelah dan lapar. Anda bisa memberikan energi instan kepada si kecil dengan buah pisang. Kandungan karbohidrat pada buah pisang bisa mengembalikan energi yang hilang selama beraktivitas tersebut.

2.  Melancarkan sistem pencernaan

Makanan nutrisi tinggi yang kaya serat sangat baik untuk mendukung sistem pencernaan anak. Pastikan Anda selalu memasukkan menu sayur dan buah-buahan ke dalam daftar makanan harian. Anak yang suka makan pisang lebih terhindar dari risiko sembelit dibandingkan dengan anak yang tidak doyan buah ini.

3.  Menguatkan tulang

Biarkan si kecil mengkonsumsi buah pisang demi mendukung pertumbuhan tulang yang kuat. Selain minum susu, anak yang rajin makan buah pisang akan memiliki tulang yang lebih baik daripada anak yang tidak mendapatkan asupan nutrisi tersebut. Kandungan vitamin A pada pisang juga bisa membuat penglihatan anak menjadi lebih baik, apalagi dampak pengaruh penggunaan gawai di era digital.

4.  Mencegah anemia

Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga memiliki risiko terserang anemia. Sebaiknya Anda memasukkan pisang dalam menu harian guna menghindari risiko anemia yang bisa sebabkan anak mudah lelah, lesu dan tidak konsentrasi belajar.

5.  Bisa meningkatkan kecerdasan otak

Anda ingin punya anak yang lebih cerdas, fokus dan memiliki daya ingat tinggi, maka berikan pisang sebagai pendukung asupan nutrisi otak tersebut. Pisang kaya kalium yang bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Jangan heran anak-anak yang mendapatkan asupan kalium terbaik bisa lebih cerdas dan aktif di sekolah.

Yuk, pilih makanan nutrisi tinggi untuk mendukung pertumbuhan anak baik fisik dan psikis lebih optimal! Toh, harga pisang yang murah meriah di pasaran bisa membuat Anda untung dua kali lipat. Tak hanya hemat di kantong saja, tetapi Anda bisa memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk buah hati tercinta. Yakin tidak suka dengan buah pisang yang manis dan legit? Mau dimakan langsung atau diolah menjadi makanan enak lain, kenapa tidak?

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *