Beberapa Kriteria Pemilihan Kucing Anda

Beberapa Kriteria Pemilihan Kucing Anda

Siapa yang setuju jika kucing dinobatkan sebagai hewan yang menggemaskan? Kucing merupakan hewan peliharaan yang berukuran kecil hingga medium yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Kucing peliharaan masyarakat tersedia dalam beragam jenis dan ras yang disesuaikan dengan pilihan masyarakat akan hewan peliharaan tersebut. Mulai dari kucing berbulu lebat yakni jenis Persia ataupun kucing tidak berbulu seperti Sphynx. Beragam jenis kucing tersebut tersedia secara bebas di toko hewan peliharaan maupun tersedia di tempat breeding hewan terkait.

Kucing merupakan makhluk hidup sehingga pertumbuhannya memiliki beberapa tahapan. Tidak seperti manusia yang memiliki tahapan perkembangan dan pertumbuhan yang kompleks, kucing memiliki tahapan perkembangan dan pertumbuhan yang terbilang singkat. Dimana ada tahapan anak kucing, kucing muda, dan kucing dewasa. Dalam menjalani perkembangan dan pertumbuhannya tersebut, kucing membutuhkan makanan dan juga nutrisi yang sesuai dengan tumbuh kembang mereka.

Pada fase anak – anak, kucing cenderung membutuhkan nutrisi tepat untuk melindungi sistem cerna mereka yang masih rentan oleh beragam penyakit. Pada usia using muda, kucing banyak sekali beraktivitas di lingkungan sekitarnya dan mulai aktif bergerak. Hal ini menjadikan kucing membutuhkan makanan yang menunjang sistem gerak mereka. Pada usia kucing dewasa, mereka mulai malas bergerak dan nafsu makan menurun sehingga membutuhkan makanan yang menunjang kebutuhan mereka tersebut.

Dalam menunjang makanan hewan peliharaan, kini banyak masyarakat yang jual makanan kucing. Dimana dalam memilih makanan yang dijualkan tersebut, anda harus memperhatikan beberapa hal agar makanan tersebut dapat diterima oleh kucing anda. Adapun beberapa pertimbangan yang dipikirkan adalah :

  1.     Usia kucing
  2.     Kondisi kucing
  3.     Kebutuhan nutrisi kucing
  4.     Kebutuhan khusus kucing

Beberapa petimbangan diatas didasarkan kepada jenis makanan yang dijualkan. Tempat jual makanan kucing, menyediakan beragam jenis makanan kucing yang menunjang parameter tersebut. Dimana dalam memenuhi kebutuhan harian tersebut, anda diharuskan untuk menyesuaikan dengan kondisi kucing anda.

Jika kucing anda mengonsumsi makanan kemasan yang dijualkan oleh tempat jual makanan kucing, maka ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Dimana makanan kucing yang diberikan harus diganti sesuai dengan parameter yang disebutkan. Terutama ketika usia kucing menuntut mereka harus mengganti makanan mereka. Agar tidak kaget, maka anda dapat memberikan makanan kucing yang baru kepada kucing anda secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan makanan baru tersebut.

Makanan kucing untuk kucing dewasa biasanya memiliki dua varian yakni kering dan basah. Anda dapat memperkenalkannya secara perlahan dengan memberikannya beberapa porsi ketika makan tanpa meninggalkan makanan basah anak kucing. Makanan kering memang menjadi favorit pemelihara karena praktis dan mudah disimpan dibandingkan dengan makanan basah yang diberikan.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *