Beragam Jenis Asuransi yang Populer di Indonesia

Beragam Jenis Asuransi yang Populer di Indonesia

Anda tentu sudah tidak asing dengan asuransi, bukan? Memang, banyak masyarakat yang sudah akrab dan sering mendengar kata asuransi ini, namun kebanyakan mereka belum mengetahui beragam jenis asuransi yang ada dan belum memiliki asuransi. Hal ini dikuatkan dengan data OJK yang mengatakan kesadaran serta pemahaman masyarakat tentang asuransi masih minim.

Bisa dikatakan, masih minimnya masyarakat yang menggunakan layanan asuransi dikarenakan karena mereka tidak tahu apa saja jenis asuransi yang ada. Ketidaktahuan inilah yang membuat mereka tidak menganggap asuransi sebagai hal yang penting. Padahal, jika disimak, ada cukup banyak jenis asuransi dengan layanan coverage yang berbeda-beda.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam jenis produk asuransi yang sebenarnya cukup populer di Indonesia dan bisa dijadikan pertimbangan untuk digunakan. Apa saja jenis asuransi tersebut? Simak ulasannya!

Mengenal Berbagai Jenis Asuransi

Seperti yang dibahas di awal, ada cukup banyak jenis asuransi yang tersedia dan bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan perlindungan. Tentu, masing-masing jenis asuransi memiliki detail layanan yang bisa saja berbeda.

Adapun beberapa jenis asuransi yang dimaksud diantaranya adalah:

  1. Asuransi jiwa

Jenis asuransi yang pertama dan cenderung banyak diikuti oleh masyarakat adalah asuransi jiwa. Dalam hal ini, asuransi jiwa akan memberikan keuntungan kepada pemegang polis ketika kematian terjadi, sakit secara tiba-tiba atau mengalami kecacatan dikarenakan kecelakaan atau penyakit.

Sebelum menentukan ingin turut menjadi pemegang asuransi jiwa, ada baiknya jika Anda memahami sistem dan metode yang ditawarkan. Pasalnya, penyedia layanan asuransi kerap memiliki perbedaan tentang sistem yang digunakan.

  1. Asuransi kesehatan

Seperti namanya, asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang bisa dipilih untuk menangani masalah kesehatan serta memberikan perlindungan pada finansial yang Anda miliki. Seorang anggota asuransi kesehatan nantinya akan mendapatkan bantuan untuk pembiayaan untuk perawatan sakit yang dialami hingga sembuh.

Umumnya, jenis penyakit yang dapat ditanggung oleh layanan asuransi kesehatan cukup beragam, termasuk Covid. Oleh karenanya, asuransi ini beberapa waktu yang lalu sering disebut dengan istilah asuransi Covid.

  1. Asuransi pendidikan

Mempersiapkan dana pendidikan bagi anak tentu menjadi hal yang penting dilakukan oleh orang tua. Disadari atau tidak, biaya pendidikan di Indonesia semakin lama cenderung semakin meningkat. Tanpa persiapan yang matang, bisa jadi Anda akan menemukan masalah untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan.

Nah, asuransi pendidikan adalah salah satu cara yang bisa diambil untuk melindungi masa depan anak Anda. Dengan layanan asuransi ini, pihak penyedia asuransi akan memberikan kecukupan biaya pendidikan anak, terutama jika terjadi masalah yang fatal pada orang tua sehingga tidak bisa bekerja.

  1. Asuransi investasi

Jenis asuransi lain yang juga cukup populer di Indonesia adalah asuransi investasi. Apa yang dimaksud dengan asuransi ini adalah jenis asuransi yang akan memberikan manfaat berupa proteksi serta nilai tunai yang berasal dari pengembangan dana investasi sesuai dengan pilihan investasi yang diambil.

Cara kerja asuransi ini adalah dana yang disetorkan nantinya akan diputar dan dikembalikan dalam bentuk perlindungan jiwa dan keuntungan investasi. Nantinya, pemegang polis bisa menikmati hasil investasi yang dilakukan terutama ketika masa pensiun sudah tiba.

Beberapa poin di atas adalah ragam asuransi yang bisa dijadikan pertimbangan untuk diikuti. Tentu, selain beberapa jenis asuransi tersebut, masih ada beragam jenis asuransi lain yang tersedia, seperti asuransi kendaraan, asuransi kecelakaan, asuransi korporasi dan juga asuransi Covid.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *