Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Bebas dari Gangguan Penglihatan

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Bebas dari Gangguan Penglihatan

Mata menjadi organ penting dalam tubuh kita. Dengan mata kita bisa melihat dunia ini dengan lebih indah. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan mata kita dengan baik. namun sayangnya banyak orang yang lalai dengan kesehatan mata. Selalu melihat gadget terus menerus dan tidak memberikan vitamin yang cukup untuk mata. Akhirnya terkena gangguan penglihatan dan membuat mata kurang nyaman. berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa anda lakukan.

Menjaga Jarak Pandang

Mata yang sehat mampu melihat objek dekat atau jauh dengan baik. jika anda tidak bisa melihat objek dekat atau jauh, berarti ada masalah di penglihatan anda. terlalu sering melihat objek terlalu dekat tidak baik untuk kesehatan mata anda. misalnya menonton tv, komputer atau gadget dengan jarak yang sangat dekat. Ada batasan tertentu untuk melihat suatu objek dengan baik. supaya mata anda tetap sehat selalu menjaga jarak pandang. Misalnya untuk TV 14 inchi, jarak idealnya sekitar 2 meter.

Kurangi menggunakan gagdet

Di zaman modern sekarang ini, gadget menjadi sebuah kebutuhan penting bagi semua orang. bahkan tidak hanya orang dewasa yang menggunakannya. Anak-anak pun sudah menggunakan gadget. Padahal terlalu sering menatap layar ponsel bisa membuat kesehatan mata anda terganggu. apalagi pencahayaan layar tidak diatur dengan baik. untuk menjaga kesehatan mata anda, harus mengurangi penggunaan gadget. Setelah menggunakan gadget dalam waktu lama, cobalah untuk memandang objek jauh sehingga otot tidak tegang.

Gunakan Kacamata Pelindung

Jika pekerjaan anda mengharuskan berada di depan komputer terus menerus.anda bisa menggunakan kacamata pelindung. Gunakan kacamata yang mampu mengurangi pantulan sinar dari komputer. Atau saat keluar rumah dan matahari sedang terik. Bisa menggunakan kacamata yang mampu melindungi mata anda dari sinar ultra violet. Pastikan memilih jenis kacamata yang tepat sesuai kebutuhan anda.

Konsumsi Makanan Yang Sehat Untuk Mata

Mata anda membutuhkan nutrisi dan vitamin yang baik. sehingga mata bisa melihat dengan maksimal. Untuk menjaga kesehatan mata, anda bisa konsumsi makanan yang sehat untuk mata anda. misalnya makanan yang mengandung vitamin A dan lemak omega 3 tinggi. keduanya bisa membantu menjaga kesehatan mata anda dengan baik. ada banyak makanan yang mengandung vitamin A. seperti wortel, strawberry dan lainnya. sedangkan makanan yang mengandung omega 3 adalah jenis ikan-ikanan.

Olahraga Dengan Teratur

Mungkin anda berpikir , apa hubungannya olahraga dengan kesehatan mata. Dengan melakukan olahraga secara teratur peredaran darah bekerja dengan baik. aliran darah ke mata pun tetap maksimal. Sehingga kesehatannya terjaga. Anda juga harus rutin melakukan pengecekan darah. Terutama kadar gula dalam darah. Kadar gula yang terlalu tinggi bisa membuat risiko penyakit mata semakin tinggi

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru anda. tapi juga mengganggu kesehatan mata anda. asap rokok yang anda isap bisa terkena mata anda. jika terkena terus menerus, bisa menyebabkan beberapa penyakit mata. Seperti degenerasi makula, katarak, kerusakan saraf otik dan lainnya. jika anda memiliki kebiasaan merokok, cobalah untuk berhenti sekarang juga

Selain beberapa cara diatas, anda juga harus rutin melakukan pemeriksaan. Untuk mencegah terjadi kerusakan pada sarafmata anda. jika mata anda sudah bermasalah, jangan lupa untuk memakai kacamata yang tepat. pilihlah kacamata yang sesuai dengan kondisi kesehatan mata anda. sehingga mata tetap nyaman melihat. Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *