Espresso dan Americano Berbeda? Yuk, Lihat Perbedaan Espresso dan Americano di Sini!

Espresso dan Americano Berbeda? Yuk, Lihat Perbedaan Espresso dan Americano di Sini!

Ada berbagai jenis kopi di dunia ini, dan ada beberapa jenis kopi yang mirip. Salah satunya adalah espresso dan americano. Ini karena masih ada yang beranggapan jika americano dan espresso itu sama. Namun, nyatanya kedua jenis kopi tersebut berbeda. Di mana perbedaan espresso dan americano bisa dilihat dari beberapa kategori.

Nah, kamu ingin tahu apa saja perbedaan antara espresso dan americano? Yuk, langsung cari tahu saja perbedaannya di bawah ini.

5 Perbedaan Espresso dan Americano

  1. Asal

Perbedaan pertama dari espresso dan americano adalah asal dari kedua jenis tersebut. Jika kamu jeli, kamu pasti sudah tahu espresso dan americano berasal dari negara mana hanya dari namanya saja.

Jika dilihat dari namanya, espresso adalah nama lain atau arti dari kata expres atau cepat dalam bahasa Italia. Untuk itu, sudah jelas jika espresso berasal dari Italia.

Sedangkan americano, dari namanya saja sudah sangat jelas jika americano berasal dari Amerika.

  1. Bahan Dasar

Perbedaan berikutnya terletak pada bahan dasar dari espresso dan americano. Espresso sendiri terbuat dari biji kopi yang diesktrak dan tanpa campuran apapun. Jadi, espresso murni hanya dari biji kopi saja.

Bagaimana dengan americano? Americano sendiri terbuat dari espresso. Lebih tepatnya, americano dibuat dari satu atau dua shot espresso. Nah, perbedaannya, jika espresso tidak adan bahan campuran lainnya, maka americano ditambah dengan air.

  1. Proses Pembuatan

Di poin kedua sudah disinggung sedikit tentang pembuatan americano. Di mana americano dibuat dari satu atau dua shot espresso yang ditaruh pada 2/3 cangkir air panas.

Sedangkan, pembuatan espresso dibutuhkan mesin. Dalam hal ini mesin tersebut untuk menekstrak kopi dan membuat tekanan pada air panas. Tekanan air panas tersebut akan memunculkan busa keemasan atau istilahnya krema, yang menjadi salah satu ciri dari espresso

  1. Americano tidak Memiliki Krema

Seperti apa yang telah dijelaskan di atas, jika espresso memiliki krema di atasnya. Lalu , bagaimana dengan americano?

Americano sendiri tidak memiliki krema. Kenapa begitu? Padahal kan americano terbuat dari espresso? Hal ini karena krema pada americano akan terpecah karena adanya tambahan air panas pada americano.

  1. Espresso Bahan Dasar dari Berbagai Jenis Kopi

Jika americano hanya terdapat dua versi yaitu hot americano dan iced americano. Berbeda dengan espresso. Espresso bisa dibuat menjadi beberapa jenis kopi. Hal ini tentu saja karena espresso merupakan bahan dasar dari beberapa jenis kopi.

Espresso bisa diubah menjadi caffe latte atau cappuccino dengan menambahkan steamed milk. Nah, jika kamu menambahkan es krim pada espresso, maka espresso berubah menjadi affogato.

Nah, itulah lima perbedaan espresso dan americano secara umum. Semoga, dengan kamu tahu perbedaan dari kedua jenis kopi tersebut, kamu tidak akan bingung lagi yang mana espresso dan yang mana americano ya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *