Makanan Pantangan Kolesterol yang Wajib Dihindari

Makanan Pantangan Kolesterol yang Wajib Dihindari

Terkadang kita mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan kesehatannya. Ini juga yang menjadi alasan sebagian orang menderita kolesterol apalagi diikuti dengan gaya hidup yang tidak sehat. Sebenarnya terdapat beberapa makanan pantangan kolesterol yang memang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Makanan yang Berbahaya Bagi Penderita Kolesterol

Sebenarnya, pantangan ini tidak harus 100% dihindari. Anda masih dapat mengonsumsinya asalkan dalam batas wajar dan sesuai dengan kondisi tubuh. Jika untuk pencegahan, makanan ini dapat dikonsumsi sewajarnya sedangkan bagi penderita kolesterol akut memang sebaiknya menghindarinya.

  1. Gorengan

Pantangan pertama adalah konsumsi gorengan seperti tempe goreng, bakwan, tahu goreng, dan juga berbagai makanan lainnya yang digoreng. Makanan tersebut awalnya memang sehat dan aman dikonsumsi penderita kolesterol namun penggunaan minyak nabati memiliki kandungan lemak trans yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kolesterol jahat.

  1. Daging

Daging sapi, domba dan unggas semuanya memiliki nutrisi yang baik. Misalnya asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun daging bisa berbahaya karena kandungan lemak jenuhnya terutama bagian lemak dan kulitnya. Lemak ini sedikit berbeda dengan lemak trans, lemak jenuh ini bisa menambah kolesterol jahat.

  1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Inilah mengapa banyak yang menyarankan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji apapun ini untuk menghindari resiko kolesterol.

Apakah Aman Mengonsumsi Makanan Pantangan Kolesterol?

  1. Memotong Lemak pada Daging

Lemak jenuh biasanya terdapat pada lemak daging. Oleh karena itu, buang bagian ini sebelum kemudian dimasak dan dikonsumsi.

  1. Memilih Daging Rendah Lemak

Lemak tak jenuh ditemukan di beberapa jenis minyak, buah-buahan dan kacang-kacangan. Namun, untuk daging dengan lemak tak jenuh, Anda bisa memilih ikan kembung dan salmon.

  1. Hindari Menggoreng Makanan

Cara pengolahan makanan ini membutuhkan minyak dan bisa membuat daging bebas kolesterol menjadi berkolesterol. Selain menghindari penggunaan minyak, memanggang (terutama meletakkan daging di atas panggangan) juga bisa membantu menghilangkan lemak dari daging.

  1. Mengganti Minyak Sayur

Kebanyakan orang bisa mengonsumsi minyak sayur dengan aman. Namun, jika kadar kolesterol Anda tinggi, sebaiknya ganti minyak dengan minyak canola dan atau minyak zaitun.

  1. Memasak dengan Serat Larut

Peran serat larut (soluble fiber) adalah menurunkan low-density lipoprotein dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjadikan sayur sebagai teman daging yang biasa Anda lakukan. Sebab, pola makan Anda bisa lebih sehat.

  1. Membiasakan Pola Hidup Sehat

Efek pengurangan kolesterol dalam makanan melampaui pemrosesan makanan. Padahal, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat sekaligus dengan menghindari makanan bebas kolesterol. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah membiasakan berolahraga dan menghindari rokok agar kolesterol tidak semakin memburuk.

Selain menghindari makanan pantangan kolesterol, ikuti juga dengan mengonsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari. Nestlé ACTICOR kaya akan inulin serat larut dalam sawi putih dan β-glukan dalam gandum. Keduanya telah lolos uji klinis untuk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *