Mau Pola Hidup Sehat? Ini Rekomendasi Menu Bernutrisinya

Mau Pola Hidup Sehat? Ini Rekomendasi Menu Bernutrisinya

Pola hidup sehat merupakan sebuah kebiasaan yang tujuannya untuk menjaga kesehatan dengan baik. Salah satunya mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi dengan mengurangi konsumsi makanan instan atau siap saji. Berikut ini rekomendasi menu makanan bernutrisi yang bisa dicoba

1.      Oatmeal

Menu simpel yang bisa dicoba untuk sarapan ada oatmeal yang kaya serat. Nutrisi ini bagus sekali untuk sistem pencernaan agar tidak mengalami sembelit. Oatmeal juga membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga membantu sekali agar tidak makan camilan yang tidak sehat. Sajiannya bisa dicampur dengan madu, susu, granola bars, ataupun cookies.

2.      Varian Sayuran

Sayuran merupakan menu yang tak boleh ketinggalan. Anda bisa mencoba berbagai varian menu yaitu brokoli yang kaya kandungan vitamin K bagus untuk kesehatan tulang. Ada kandungan vitamin A, C, dan folat juga yang bagus sekali untuk tubuh. Brokoli bisa ditumis atau pun disup yang rasanya sangat lezat.

Ada juga kandungan sulforaphane yang berfungsi untuk merangsang enzim detoksifikasi pada tubuh agar tidak terkena penyakit berbahaya kanker. Tips memasak sayur brokoli jangan terlalu lama. Varian berikutnya bisa mencoba sayur bayam yang nutrisinya gak kalah bagus dengan kandungan beragam vitamin.

Ada vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan tinggi serat.  Sayuran hijau ini sangat bagus untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaga fungsi otak.

3.      Telur

Rekomendasi menu saat menerapkan pola hidup sehat berikutnya adalah telur. Anda bisa membuatnya untuk menu makan siang, malam, atau sarapan. Harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan. Telur memiliki kandungan nutrisi tinggi protein yang kualitasnya terbaik. Kandungan kolesterolnya tidak memberikan dampak besar pada kolesterol jahat di dalam darah.

4.      Teh

Minuman sehat juga tak kalah penting dengan makanan sehat. Minuman teh hitam dan hijau merupakan rekomendasi terbaik dengan kandungan antioksidannya. Teh hijau bisa menyehatkan tubuh saat diminum dengan manfaat membakar lemak tubuh. Teh juga membantu untuk mendapatkan pikiran yang fresh.

5.      Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan makanan yang direkomendasikan karena kaya akan nutrisi dan vitamin. Buah yang menjadi pilihan terbaik ada apel dengan kandungan serat, antioksidan, dan vitamin C. Ada buah jeruk yang tinggi vitamin C.

Pisang juga menjadi pilihan yang tepat karena tinggi kalium. Buat yang ingin mendapatkan lemak sehat bisa mengonsumsi alpukat. Di dalam buah alpukat juga ada kandungan kalium dan vitamin C.

6.      Ikan Laut

Ikan laut merupakan menu yang juga direkomendasikan karena kaya akan lemak, yodium, dan omega 3. Ada banyak sekali jenis ikan laut yang bisa dicoba. Selain ikan juga ada banyak makanan laut lainnya dengan kandungan nutrisi yang terbaik. Anda tinggal melakukan pengolahan dengan tepat dan masak.

7.      Susu

Rekomendasi selanjutnya adalah vitamin, protein, mineral, dan lemak. Susu juga memiliki banyak kandungan kalsium yang kaya nutrisi. Selain susu bubuk ataupun cair, bisa juga mengonsumsi olahan susu berupa keju dan yogurt yang rasanya bervariasi.

Pola hidup sehat menjadi hal yang sulit diterapkan jika tidak terbiasa. Kontrol makanan yang dikonsumsi akan berdampak besar bagi kesehatan. Jangan lupa pula melakukan olahraga secara teratur agar tubuh bisa tetap bugar dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *