Mengenal Jenis Kopi dan Karakternya

Mengenal Jenis Kopi dan Karakternya

Setiap jenis biji kopi memiliki ciri dan karakter yang biasanya akan berhubungan dengan selera lidah penikmatnya masing-masing. Setiap jenis tersebut juga akan berbeda jika diracik menjadi sajian spesial, serta metode peracikannya yang beragam. Pada dasarnya, kopi hitam memiliki rasa pahit yang diikuti aroma khas. Namun di setiap jenisnya mendatangkan karakter yang akan membuat Anda memahami perbedaan karakter-karakter tersebut.

Kopi Arabica dan Robusta dengan Karakter Unik

Nah, karakter pada kopi ini bisa dibedakan dari kegelapan body, tingkat keasaman, cita rasa yang dikeluarkan, hingga aromanya yang beraneka ragam. Yuk, simak ulasan seputar jenis kopi beserta karakternya berikut.

1.     Body Gelap dengan Rasa yang Beragam

Gelapnya body kopi tidak bisa menjadi acuan apakah kopi tersebut memiliki cita rasa pahit atau tidak. Tingkat gelap pada body kopi ini juga dipengaruhi dari metode pemanggangan biji kopinya. Biasanya body kopi yang cenderung lebih gelap hasil dari metode pemanggangan medium. Sementara yang lebih ringan merupakan hasil metode pemanggangan yang juga ringan atau light.

2.     Memiliki Tingkat Asam yang Cukup Tinggi

Berikutnya kopi hitam pun memiliki tingkat asam yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh jenis bijinya. Lalu diikuti pula dari asalnya. Contohnya pada jenis arabica asal Amerika semacam Columbia, Brazilian, Meksiko, Guatemala, serta jenis biji dari negara serupa lainnya yang kebanyakan menggunakan metode basah. Sehingga membuat tingkat keasamannya lebih tinggi. Berbeda dengan jenis biji ethiopia yang tidak begitu asam karena menggunakan metode kering.

3.     Aroma Kuat dan Khas

Sangat banyak jenis kopi yang memiliki karakter aroma sangat kuat dan khas, membuatnya dipilih menjadi campuran untuk menambah aroma. Seperti mencampur jenis biji Sumatera Lampung dengan jenis Columbia dalam menghasilkan body gelap, beraroma kuat, dilengkapi cita rasa asam medium. Columbia pun dikenal dengan memberi rasa cherry, caramel, serta cacao pada lidah.

4.     Pilih Jenis Kopi Sesuai Selera

Dari sekian banyak jenis biji kopi yang diikuti karakternya masing-masing, Anda bisa pilih jenis yang sesuai selera dan kebutuhan. Tidak semua jenis bisa diracik menjadi sajian kopi semacam kopi susu umumnya karena kurang cocok sebagai kopi racikan. Setiap jenis biji kopi pun memiliki kualitas, serta harga jual yang sangat beragam.

5.     Cara  Padu Padankan Jenis Kopi

Anda bisa pula mencampur atau padu padankan beberapa jenis biji untuk hasilkan ekspreso yang berbeda dengan lainnya. Khususnya bila ingin mendapatkan rasa khas. Bisa disesuaikan dengan tingkat keasaman, tingkat gelap body, aroma, hingga cita rasa yang diberikan pada lidah.

Berbagai jenis kopi hitam bisa Anda temukan di pasaran. Biasanya setiap biji kopi dipasarkan dengan keterangan mengenai karakternya yang bisa menjadi gambaran.  Terdapat biji kopi lokal dan biji kopi asal luar negeri, bisa dipadu padankan dalam menghasilkan kopi yang berbeda dari yang lain.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *