Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Siklus haid atau periode menstruasi tidak teratur seringkali membuat wanita khawatir menjadi tidak subur dan tidak bisa hamil. Apalagi kebanyakan orang selalu mengatakan bahwa haid yang tidak teratur merupakan ciri khas wanita tidak subur.

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

  • PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome): Menstruasi tidak teratur dapat menunjukkan bahwa Anda menderita PCOS. Namun, tidak semua dengan siklus haid tidak teratur mengalami PCOS.
  • Ketidakseimbangan tiroid: Tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif dapat menyebabkan haid tidak teratur dan menjadi tidak subur. Gejala lain yang mungkin Anda alami termasuk perubahan berat badan, sulit tidur, dan kelelahan yang terus-menerus.
  • Hiperprolaktinemia: Prolaktin adalah hormon utama yang merangsang payudara memproduksi ASI. Bahkan jika Anda tidak sedang hamil atau menyusui, hiperprolaktinemia dapat terjadi jika hormon Anda meningkat. Kadar prolaktin yang sangat tinggi dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali.
  • POI (Primary Ovarian Insufficiency): Sering disebut sebagai POF (Premature Ovarian Failure) yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau berhenti. Kadar estrogen yang rendah terkadang muncul dengan POI / POF dan dapat menyebabkan gejala vagina kering, nyeri saat berhubungan seksual, sulit tidur, dan depresi.
  • Obesitas: Ini adalah penyebab paling umum dari haid tidak teratur dan infertilitas. Obesitas dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang membuat siklus menstruasi tidak lancar.
  • Berat badan kurang: Sama seperti kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga bisa menjadi penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Olahraga berlebihan: Olahraga dan diet berlebihan dapat menjadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur. Banyak atlet wanita yang mengalami situasi ini.

Selain itu, diketahui juga bahwa faktor gaya hidup tertentu seperti stres, berat badan, olahraga, dan pola makan dapat mempengaruhi siklus haid. Meski banyak kasus haid tidak teratur, penyebab pastinya sulit diketahui. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat agar dapat mengetahui penyebabnya.

Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

  1. Mengubah Jenis Kontrasepsi

Jika Anda mengalami menstruasi tidak teratur setelah 3 bulan menggunakan kontrasepsi hormonal, dokter Anda akan merekomendasikan metode kontrasepsi lain. Beberapa wanita mengalami haid tidak teratur setelah menggunakan jenis kontrasepsi tertentu.

  1. Perubahan Gaya Hidup

Beberapa wanita mengalami perubahan dalam siklus menstruasinya karena sering berolahraga sehingga dapat mengurangi aktivitas olahraga yang lebih ringan. Namun, jika stres adalah masalahnya, mempelajari cara mengatasi stres dapat membantu.

  1. Terapi Hormon

Siklus haid yang tidak teratur biasanya disebabkan oleh kekurangan atau ketidakseimbangan hormon tertentu di dalam tubuh. Dokter sering meresepkan pil KB (kontrasepsi oral), yang mengandung estrogen dan progesteron, yang membantu mengontrol menstruasi yang tidak teratur.

Obat hormonal yang disebut progestin juga dapat membantu wanita yang mengalami haid tidak lancar. Kunjungi Orami Magazine di https://parenting.orami.co.id/magazine untuk mendapatkan informasi tentang menstruasi yang lebih lengkap.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *