Persyaratan Penting Dalam Surat Pengangkatan Karyawan

Persyaratan Penting Dalam Surat Pengangkatan Karyawan

Bagi karyawan, menjadi bagian tetap perusahaan adalah impian. Banyak karyawan yang harus melalui berbagai rintangan untuk bisa diangkat menjadi bagian tetap perusahaan. Ketika karyawan sudah dijadikan bagian tetap perusahaan maka karyawan wajib menerima dan menandatangani surat pengangkatan kerja karyawan tetap untuk bisa menikmati berbagai fasilitas kantor.

Pentingkah surat pengangkatan karyawan ada? Tentu saja penting. Surat pengangkatan karyawan akan menjelaskan bagaimana hak dan kewajiban karyawan yang didapatkan serta hukum yang mengikat kedua belah pihak sehingga tidak saling dirugikan. Nah, sebab itu, penting banget untuk karyawan memiliki contoh surat pengangkatan karyawan dalam mempermudah urusan.

Bagi kamu yang bingung mengenai contoh surat pengangkatan karyawan, bisa banget kamu mencarinya di internet. Nah, disana ada banyak banget referensi contoh surat pengangkatan karyawan yang dapat digunakan. Dengan begitu, sekilas kamu akan tahu bagaimana isi dari surat pengangkatan karyawan yang diberikan itu.

Surat pengangkatan karyawan sendiri dibutuhkan karyawan dan perusahaan. Sebab, ketenagakerjaan sendiri dilindungi oleh undang – undang. Apabila perusahaan terbukti melanggar undang – undang, maka perusahaan akan dikenai sanksi. Begitu pula sebaliknya. Jadi, ada baiknya perusahaan memberikan surat karyawan sebagai bentuk Kerjasama yang ditawarkan kepada karyawan tersebut.

Nah, dalam membuat surat pengangkatan karyawan, perlu kamu lihat beberapa poin yang penting. Dimana surat pengangkatan karyawan legal diberikan apabila :

  1. Karyawan dan pihak perusahaan telah berusia legal yakni diatas 17 tahun
  2. Karyawan dan pihak perusahaan sehat jasmani dan rohani dalam pembuatan surat pengangkatan
  3. Dalam surat pengangkatan karyawan tetap tercantum jenis pekerjaan yang diberikan untuk karyawan
  4. Karyawan memiliki pekerjaan legal dan sesuai dengan aturan hukum negara yang berlaku
  5. Karyawan dan pihak perusahaan menyetujui terbentuknya surat kerja tersebut

Lima poin diatas merupakan persyaratan wajib seorang karyawan untuk menerima pekerjaan. Bila satu poin diatas terlewatkan maka surat pengangkatan karyawan tersebut dianggap tidak sah secara hukum. Sebab itu, dalam menandatangani surat, kedua belah pihak wajib untuk saling paham dan mengerti akan isi dari surat pengangkatan tersebut dan hukum yang berlaku.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *