Wajib Tahu, Inilah Perkembangan dan Ukuran Janin 10 Minggu

Wajib Tahu, Inilah Perkembangan dan Ukuran Janin 10 Minggu

Setiap orang pasti tahu bahwa tidak mudah untuk menjalani masa kehamilan, apalagi ketika memasuki usia 10 minggu. Ukuran janin 10 minggu adalah sekitar 2,54-centimeter dengan berat sekitar 7 gram. Di usia ini ibu hamil akan mengalami berbagai ketidaknyamanan. Namun, dengan mengetahui perkembangan janin usia tersebut akan membuat proses kehamilan menjadi lebih menyenangkan.

Perkembangan Janin di Usia 10 Minggu

Ketika memasuki usia 10 minggu, janin sudah mulai semakin besar. Walaupun masih tergolong kecil, namun janin telah menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Tulang-tulang janin sudah mulai membentuk, jari-jari kaki dan tangan mulai terpisah, dan sudah mulai muncul kuku pada setiap ujungnya. Selain itu, rambut halus mulai tumbuh di badan dan tunas gigi mulai terbentuk secara bertahap.

Di usia ini juga merupakan masa berakhirnya proses embrionik. Janin yang awalnya masih berbentuk embrio sudah mulai membentuk seperti manusia. Menariknya, hampir tidak pernah ada kecacatan yang terjadi di masa ini.

Untuk organ otak, bisa dikatakan perkembangan di usia ini cukup pesat. Sekitar 250.000 sel saraf yang baru mulai terbentuk setiap menit. Beberapa organ vital seperti ginjal, hati, dan usus sudah berada di tempatnya dan juga mulai berfungsi. Apabila janin yang dikandung adalah laki-laki, maka bagian testis juga mulai memproduksi hormon testosteron dalam jumlah sedikit.

Jantung bayi berdetak 2 hingga 3 kali lebih banyak daripada detak jantung orang dewasa, yakni hingga 180 kali setiap menit. Saat ibu melakukan USG, maka bisa dilihat bahwa janin sudah mulai bergerak. Pergerakan janin ini adalah hal yang dinanti-nantikan oleh setiap orang tua. Oleh sebab itu, tak jarang mereka akan menangis bahagia ketika melihat hal ini terjadi.

Perubahan dalam Tubuh Ibu Hamil

Selain pada janin, tubuh ibu hamil di usia ini juga terjadi perubahan. Salah satu yang cukup tampak adalah adanya pembesaran ukuran rahim yang signifikan. Sebelum hamil, ukuran rahim hanya sebesar buah pir. Akan tetapi, di usia kehamilan ini sudah sebesar jeruk bali. Saat ini, ibu sudah mulai direkomendasikan untuk memakai baju hamil atau baju dengan ukuran yang lebih longgar.

Jika ibu masih bingung soal pakaian yang harus dikenakan, rok atau celana yang berbahan elastis bisa menjadi pilihan tepat. Selain itu, perubahan pada tubuh yang bisa dirasakan adalah ukuran payudara yang mulai membesar sehingga membuat bra yang lama menjadi sedikit lebih ketat. Ibu bisa membeli bra dengan ukuran yang lebih besar bersamaan dengan membeli baju hamil.

Jadi, itulah beberapa perkembangan yang dialami baik oleh janin maupun ibu hamil di usia 10 minggu. Biasanya ibu akan sering merasakan mual. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mulai memperhatikan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Hal ini bisa didiskusikan dengan dokter kandungan terdekat.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *