Warna Darah Menstruasi Hitam? Berikut Hal yang Harus Dipahami

Warna Darah Menstruasi Hitam? Berikut Hal yang Harus Dipahami

Perlu diingat apabila ada beberapa warna darah menstruasi yang wajib untuk diketahui setiap wanita. Bagi anda yang sering memperhatikan warna darah ketika haid, pasti warnanya akan berbeda-beda dari tahap awal hingga akhir haid bukan? Bukan hanya itu saja, warna darah yang keluar sendiri ternyata juga bisa menunjukkan bagaimanakah kondisi kesehatan seseorang.

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap bulannya, wanita memang akan mengalami siklus haid dan menjadi kondisi normal. Sebab, siklus haid ternyata bisa menunjukkan bahwa wanita dalam masa subur serta mampu untuk bereproduksi. Selama haid itulah, wanita akan mengeluarkan darah kotor dimana merupakan darah yang luruh dari dinding Rahim.

Warna Darah Menstruasi Hitam?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, warna darah menstruasi sendiri ternyata berbeda-beda. Tetapi bagaimanakah jika warna darah haid tersebut hitam? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kebanyakan orang.

Namun sebaiknya anda tidak boleh panik terlebih dahulu jika darah yang keluar berwarna hitam. Sebab, belum tentu darah hitam menandakan apabila terdapat gangguan kesehatan pada tubuh anda tersebut. Karena biasanya darah berwarna coklat gelap hingga hitam akan muncul ketika siklus haid tersebut akan berakhir.

Bukan hanya itu saja, pada perempuan yang pertama kali haid hingga wanita dimana mendekati masa menopause, terkadang juga akan mengeluarkan bercak-bercak darah berwarna coklat hingga hitam walaupun sedang tidak hamil. Ini bisa saja akibat gejala PMS, sisa darah haid, tanda adanya kehamilan hingga gejala perimenopause.

Adapun penyebab mengapa warna darah menstruasi hitam adalah karena darah haid tersebut sudah tertinggal cukup lama didalam Rahim sehingga ketika dikeluarkan warnanya menjadi cokelat kehitaman. Itulah mengapa anda tidak boleh terlalu mencemaskan.

Bagaimana Ciri Warna Darah Menstruasi Hitam Tidak Normal?

Kendati warna darah hitam ketika haid merupakan hal yang wajar, tetapi ternyata kondisi tersebut juga bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan pada tubuh anda. Adapun beberapa masalah tersebut seperti keguguran, uterus memiliki ukuran tidak seperti asinya sesudah meregang karena kehamilan, terhambatnya aliran darah dari uterus diteruskan ke vagina dan menopause.

Bukan hanya itu saja, gangguan hormone yang sifatnya tidak permanen juga dipercaya menjadi penyebab mengapa darah tersebut berwarna hitam. Gangguan hormone itu sendiri disebabkan karena berbagai macam hal seperti pola makan tidak sehat hingga mengalami stress.

Namun, kondisi diatas sebenarnya masih dalam batas wajar. Tetapi apabila perubahan warna tersebut disertai dengan beberapa gejala seperti alat kelamin terasa perih dan gatal, pemeriksaan ke dokter menjadi salah satu rekomendasi terbaik.

Siklus menstruasi terjadi setiap bulannya pada wanita dan menandakan apabila wanita tersebut dalam masa subur. Ketika menstruasi, anda akan mengeluarkan warna darah menstruasi yang berbeda-beda setiap tahapannya. Jika anda selalu mengeluarkan darah berwarna hitam, pemeriksaan ke dokter pilihannya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *